Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengunci Jaringan 4G dan 3G di Android


Apabila anda sering merasakan susah signal sehingga anda menjadi jarang berselancar di internet akibat signal yang tidak stabil, maka hal itu sama seperti yang saya rasakan. Apalagi jika anda tinggal ditempat - tempat terpencil atau tempat - tempat yang membuat susah signal seperti di dalam gua, didalam rumah, atau mungkin didalam air di samudea lepas.

Hal sepele seperti susah sinyal ternyata tidak bisa disepelekan (maaf bahasanya agak sulit, anda harus membacanya dengan penuh penghayatan). Terkadang hal remeh seperti ini bisa membuat anda strees dan jengkel. Terlebih jika anda memiliki suatu urusan penting yang hanya bisa diselesaikan menggunakan internet.

Tenang... kali ini saya akan mencoba memberi sebuah solusi atau jalan keluarnya. Silahkan anda simak cara untuk menstabilkan signal atau lebih tepatnya mengunci jaringan agar 4G saja karena dengan mengunci jaringan 4G, maka akan jaringan intyernet bisa diakses lebih cepat dibandingkan jaringan 3G maupun 2G.


Cara Mengunci Jaringan Agar Tetap 4G


Ada beberapa cara untuk dapat mengunci jaringan 4G. yaitu dengan cara menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi.

Kedua cara tersebutr bisa anda coba dan bisa anda pertimbangkan untuk menggunakan salah satu cara yang terbaik menurut anda. Silahkan disimak caranya.


1. Menggunakan Aplikasi


Cara yang pertama adalah menggunakan aplikasi. Menggunakan aplikasi menurut saya adalah cara yang paling mudah dan ampuh untuk digunakan, karena hanya dengan beberapa klik masalah anda akan terselesaikan.


Dari banyaknya aplikasi yang ada di playstore, saya telah memilih salah satu aplikasi untuk mengunci jaringan 4G. Nama aplikasinya adalah 4G LTE Switch. Anda bisa mencarinya di playstore atau di situs - situs download aplikasi android. Setelah download aplikasi tersebut, langsung saja buka aplikasinya. Anda bisa langsung melakukan switch jaringan ke 4G Only. Cara - caranya sangat mudah, setelah dibuka tinggal ikuti saja instruksinya dan selesai.

Ada banyak aplikasi lainnya yang bisa anda coba selain 4G LTE Switch, yang memiliki fungsi sama seperti 4G LTE Switch. Hanya berbeda pada tampilan aplikasinya saja.

Akantetapi tidak semua ponsel pintar telah mendukung dual 4G disetiap slot kartu simnya, oleh sebab itu pasanglah kartu pada sim 1.


2. Tanpa Menggunakan Aplikasi


Apabila anda tidak punya kuota internet untuk mendownload aplikasi tambahan, mungkin cara ini bisa jadi solusi anda untuk membuat jaringan anda 3G only.

Tapi.... Nah, ada tapinya. Pastikan settingan pada ponsel android anda mendukung fitur ini, karena tidak semua ponsel pintar mendukung cara seperti ini.

Cara setting pada setiap smartphone bisa berbeda - beda, tapi intinya sama dan caranya juga mirip - mirip seperti saudara kembar. Saya akan memberikan contoh, tapi contoh ini hanya garis besarnya saja, silahkan sesuaikan pada ponsel pintar anda.

  • Pertama - tama buka Pengaturan atau Settings
  • Selanjutnya pilih Koneksi >> Pilih Jaringan Seluler
  • Silahkan anda tentukan / pilih SIM 2 atau SIM 1 yang akan anda ganti mode jaringannya, setelah itu silahkan anda ganti Jenis jaringan yang dipilih menjadi hanya 3G atau hanya 2G (ganti sesuai keinginan).

Cara yang kedua ini hanya untuk mengunci jaringan 3G, apabila ingin mengunci jaringan 4G only lakukanlah cara yang pertama. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengunci Jaringan 4G dan 3G di Android"