Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hewan Dabbah Dalam Al-Qur'an, Tanda Kiamat


Dabbah, Pernahkah anda mendengar nama makhluk ini? Kalau belum atau baru mendengar Dabbah di blog ini, lebih baik anda membaca artikel ini hingga selesai. Dabbah adalah binatang melata yang keluar sebagai salah satu tanda - tanda kiamat besar.


Keluarnya Dabbah ini seharusnya menjadi pengingat kita untuk bertaubat sebelum tanda - tanda kiamat besar seperti matahari terbit dari barat, keluarnya Dajjal dan munculnya Dabbah. Rasulullah SAW beberapa kali bersabda jika tanda - tanda kiamat besar tersebut sudah muncul maka tidak akan berguna lagi keimanan seseorang yang sebelumnya belum beriman.


Sabda Rasulullah SAW yang lainnya tentang tanda - tanda kiamat besar yang muncul dengan waktu yang berdekatan.


Sabda Beliau yang lain untuk memotivasi umatnya agar sesegera mungkin memperbanyak amal saleh sebelum terjadinya tanda - tanda kiamat besar.


Ketika tiba pada waktunya Dabbah muncul, maka makhluk tersebut akan berbicara kepada manusia dan mengatakan bahwa sesungguhnya manusia - manusia  terdahulu tidak yakin dengan ayat - ayat Allah. Dia (Dabbah) akan memberikan tanda yang membedakan antara orang - orang yang beriman dan orang - orang yang kafir. Tanda untuk orang - orang yang beriman adalah wajahnya yang bercahaya, sedangkan bagi yang tidak beriman, tandanya diberikan pada bagian hidung sebagai tanda kekufurannya.


Ada juga sebuah hadits yang diperselisihkan keshahihannya tentang ciri ciri dabbah dan yang dilakukan dabbah kepada orang - orang yang beriman dan kafir.


Hadits diatas digolongkan oleh Al 'Allamah Al Albany sebagai hadits dhaif, adapun menurut Asy Syaikh Ahmad Syakir menshahihkan hadits ini, wallahu a'lam bis shawab.

Sebelum tanda - tanda besar kiamat terjadi, baiknya kita selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan cara memperbanyak ibadah, memperbaiki akhlak dan banyak - banyaklah beramal saleh. Dan yang seringkali kita lupakan adalah tutur kata kita yang terkadang menyakiti hati orang dan kurang lemah lembut. Sebenarnya akhir - akhir ini sudah banyak terjadi tanda - tanda akhir zaman. Salah satu tanda akhir zaman adalah keluarnya Dabbah, lalu dimanakah tempat Dabbah keluar? Wallahu a'lam.

Semoga kita diberi petunjuk ke jalan yang lurus oleh Allah swt. Dan semoga kita tidak dilalaikan dengan gemerlapnya dunia ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa mengingatkan kita untuk  selalu berbuat baik dan menjauhi perbuatan buruk yang dilarang oleh Allah swt.

Posting Komentar untuk "Hewan Dabbah Dalam Al-Qur'an, Tanda Kiamat"