Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jenis - Jenis Kabel USB Lengkap


Teknologi terbaru memang selalu menarik untuk dibahas, termasuk tentang kabel USB yang sangat sering kita gunakan untuk transfer data atau mengisi daya baterai ponsel anda. Semakin majunya teknologi, sebuah kabel USB juga akan semakin canggih tentunya.

Universal Serial Bus atau kabel USB pada umumnya banyak digunakan pada perangkat elektronik yang modern. Dikarenakan kabel yang satu ini di desain untuk dapat digunakan pada berbagai macam perangkat elektronik seperti mouse, printer, keyboard, scanner, dan smartphone. Perangkayt - perangkat tersebut adalah perangkat yang sangat membutuhkan kabel USB.


Jenis Kabel USB 


Berapakah jenis kabel USB yang anda keahui? Ada banyak jenis kabel USB yang sering digunakan, dan saat ini ada begitu banyak jenisnya, mari kita lihat pembahasan jenis kabel USB berdasarkan tipenya dan juga jenis kabel USB berdasarkan port-nya.


Jenis Kabel USB Berdasarkan Tipenya


Tipe USB 1.1


Kabel USB tipe 1.1 ini merupakan salah satu jenis kabel USB yang dirilis pada tahun 1988. Kabel yang satu ini memiliki kecepatan mentransfer data hingga 12 Mbps. KArena kabel USB 1.1 sudah terlalu jadul, maka kabel USB ini sudah tidak digunakan lagi.


Tipe USB 2.0


Tipe kabe USB 2.0 ini merupakan tipe kabel USB yang diperkenalkan pada tahun 2000-an. Tipe yang satu ini tentunya dilengkapi dengan teknologi yang lebih baik dari tipe yang sebelumnya. Kecepatan transfer datanya hingga 480 Mbps dan di dukung Ho-Speed. Sama seperti pendahulunya, dikarenakan teknologi selalu dituntut untuk semakin canggih, pada akhirnya USB 2.0 sudah tidak terpakai lagi.


Tipe USB 3.0


Yang selanjutnya adalah kabel USB tipe 3.0 yang dirilis pada tahun 2008 dan memiliki fasilitas yang lebih canggih dan komplit. Tipe USB 3.0 ini juga banyak digunakan pada Smartphone saat ini. Kecepatan transfer data yang luar biasa hingga 5Gbps dengan mode SuperSpeed. Untuk mengenali ciri dari USB tipe ini adalah dengan melihat konektor dan socket yang berwarna biru.



Tipe USB 3.1


Tipe USB 3.1 ini dirilis sekitar tahun 2013. Jika pada tipe 3.0 hanya memiliki kecepatan hingga 5Gbps, kabel USB 3.1 memiliki kecepatan 2kali lipatnya yaitu hingga 10 Gbps dengan mode SuperSpeed+. Pada umumnya tipe ini dimiliki pada gadget milik brand Apple jenis fastcharging thunderbolt.



Tipe USB 3.2


Selanjutnya adalah USB tipe 3.2 yang dirilis pada tahun 2017 yang lalu. USB tipe 3.2 ini memiliki kecepatan transfer data yang sangat luar biasa, yaitu hingga 20 Gbps.



Jenis USB Berdasarkan Port-Nya


Setelah anda mengenal jenis - jenis USB berdasrkkan tipenya, selajutnya kita akan membahas jenis - jenis kabel USB berdsasarkan port-nya. Silahkan disimak.


USB Type-A


USB type-A merupakan kabel USB standar yang sering digunakan pada perangkat elektronik seperti PC, laptop, media player dan game console. USB type-A berbentuk persegi panjang.

Port USB type-A ini memiliki dua varian. Ada ukuran mikro dan ada juga ukuran mini. USB type-A juga sekarang sudah tidak digunakan lagi.



USB Type-B


Selanjutnya kita beralih ke USB type-B. Bentuk USB type-B ini masih sama dengan type-A, akantetapi port type-B ini memiliki 3 varian. Ukuran portnya ada yang standart, macro dan mini. USB type-B ternyata dihadirkan pada USB jenis 3.0 dan 2.0.



USB Type-C


Yang terakhir adalah USB type-C yang diselaraskan untuk kabel USB 3.1. USB type ini mampu menghantarkan tegangan supply 20v & 5A. Type ini juga mampu untuk menghantarkan tegangan supply bi- directional power dua arah.

Tak mengherankan jika dengan kelebihan tersebut, USB typre ini sangat banyak digunakan untuk mengisi daya pada berbagai macam perangkat yang membutuhkan arus lebih besar.

Okaey, Sekian dulu pembahasan tentang jenis - jenis kabel  USB kali ini. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tidak menutup kemungkinan akan adanya tipe dan jenis kabel USB yang lebih canggih lagi. Semoga pembahasan kali ini bermanfaaat. Jangan lupa untuk membagikan artikel jenis - jenis kabel USB ini ya... Sampai jumpa.

3 komentar untuk "Jenis - Jenis Kabel USB Lengkap"

  1. Mantap artikelnya mas....
    Boleh nulis artikel diblog ini mas? Saya nggak minta bayaran kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh kak, saya juga pengin nulis di blog ini. Boleh ya..😊

      Hapus
    2. Iya boleh, silahkan hubungi admin di halaman Contact

      Hapus