Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Frekuensi 2,4 GHz dan 5,8 GHz Pada WiFi


Internetan menggunakan WiFi memang sangat populer saat ini. Karena proses pertukaran data bisa lebih praktis tanpa menggunakan kabel. WiFi saat ini sangat mudah ditemukan dimana - mana. Ketika anda disekolah, di kantor, di Puskesmas, bahkan pada kendaraan transportasi tertentu sudah menyediakan WiFi.

Apabila anda adalah pengguna setia WiFi sekolah, apakah anda tau perbedaan WiFi frekuensi 2,4GHz dan 5,8GHz? Nah, apabila anda ingin tau lebih banyak tentang frekuensi tersebut, silahkan baca artikel ini sampai selesai.


Perbedaan WiFi 2,4GHz dan 5,8GHz


Walaupun sama - sama bisa digunakan untuk tersambung ke jaringan, akantetapi berbeda frekuensi berbeda pula bentuk gelombangnya. Panjang gelombang pada frekuensi 2,4 GHz lebih panjang / jauh daripada frekuensi 5,8 GHz yang lebih padat dan pendek akan tetapi sangat kuat.

Hal inilah yang membuat perbedaan antara WiFi 2,4GHz dan 5,8GHz terlihat cukup signifikan. Pada frekuensi 5,8 GHz kecepatannya bisa sampai 1300Mbps, sementara untuk frekuensi 2,4GHz hanya mampu hingga 600Mb saja. 

Berdasarkan perbedaan diatas, anda bisa melihat kesimpulannya pada tabel keren dibawah ini.

Frekuensi 2,4GHz Frekuensi 5,8GHz
Kecepatan transfer bisa mencapai 600Mbps Kecepatan transfer bisa mencapai 1300Mbps
Jarak / Jangkauan: Sampai 2x dari 5,8GHz Jarak / Jangkauan: Sampai 1x dari 5,8GHz
Cocok diterapkan di ruangan yang luas tanpa terhalang sesuatu yang padat Cocok diterapkan untuk mendapatkan kualitas jaringan yang stabil atau untu bermain game

Nah, untuk pertanyaan : Bagus yang mana antara frekuensi 2,4GHz atau 5,8GHz? Jawabannya adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tempat yang akan anda gunakan. Sekian dulu artikel kali ini, jangan lupa untuk share artikel ini ya.... Perbedaan Frekuensi 2,4 dan 5,8 Pada WiFi. Kalau ada tambahan dari teman - teman silahkan berkomentar untuk dapat melengkapi kekurangan artikel kali ini ya... terimakasih atas kunjungannya dan semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa...

Posting Komentar untuk "Perbedaan Frekuensi 2,4 GHz dan 5,8 GHz Pada WiFi"