Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cek Daftar Penerima BST Bansos Rp 500 Ribu untuk KK Non-PKH dari Kemensos

 


Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan Bantuan Sosial Non PKH sebesar Rp500 ribu yang ditujukan untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Bantuan Sosial Non-PKH sebesar Rp 500 ribu akan diberikan kepada 9 juta penerima yang bukan merupakan penerima non Program Keluarga Harapan (PKH) kini telah dalam tahap penyaluran seperti beberapa bantuan lain seperti Bantuan Sosial Tunai (BST) dan BPNT yang pencairannya dengan sistem sekali salur.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Asep Sasa Purnama mengatakan pada bulan September lalu bahwa bantuan sosial Non PKH Rp 500 ribu rupiah memiliki anggaran besar hingga total Rp 4,5 Triliun Rupiah.

Untuk mendapatkan bantuan sosial Non PKH Rp 500 ribu rupiah Anda harus memperhatikan beberapa syarat berikut ini, syarat utama menjadi penerima Bantuan Sosial Non-PKH yakni tidak terdaftar sebagai penerima PKH aktif.

Selain bantuan BST Bansos Rp 500 Ribu untuk KK Non-PKH terdapat juga beberapa program bantuan Kemensos lain seperti program sembako Bantuan Pangan non Tunai (BPNT) yang diperluas target penerimanya dari 15,2 juta KPM menjadi 20 juta KPM dengan indeks Rp150 ribu per KPM/bulan jadi Rp200 ribu per KPM/bulan.

Dan untuk bansos tambahan, Kementerian Sosial telah juga telah meluncurkan program Bansos Beras (BSB) untuk 10 juta KPM non PKH.

Masyarakat yang belum pernah dapat bansos BST PKH maupun Non-PKH maupun mengalami kendala dalam pencairan bantuan ini bisa lapor melalui email bansoscovid19@kemsos.go.id.

Selain itu, aduan juga bisa dikirimkan melalui nomor WhatsApp 0811-10-222-10 dengan format: Nama Lengkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat lengkap (spasi) Aduan.

Kementerian sosial Jika Anda belum menerima bantuan tersebut bisa cek daftar penerimanya secara online di cekbansos.siks.kemsos.go.id atau melalui aplikasi SIKS-Dataku.

Berikut adalah langkah-langkah pengecekan bantuan sosial Non PKH Rp 500 ribu rupiah:

1. Buka laman cekbansos.siks.kemsos.go.id

2. Pilih jenis kartu identitas

3. Jika Anda memilih KTP, Pilih NIK

4. Masukan NIK Anda pada kolom ID

5. Pada kolom 'Nama ART', tulis nama Anda secara lengkap sesuai dengan KTP

6. Masukan kode verifikasi atau captcha yang ada di dalam laman tersebut

7. Klik tombol 'Cari'

8. Sistem yang ada di laman cekbansos.siks.kemsos.go.id akan mencocokan ID dan Nama yang diinput dan membandingkan antara nama yang di-input dengan nama yang ada dalam database.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Daftar Penerima BST Bansos Rp 500 Ribu untuk KK Non-PKH dari Kemensos "