Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

BANSOS JABAR DAMPAK COVID-19 TAHAP 3 BARU 48%

 


Penyaluran bantuan sosial (bansos) terdampak pandemi Covid-19 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) tahap tiga masih berlangsung. Hingga Kamis (5/11), bansos yang telah dibagikan baru terealisasi 48 persen.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jabar Dodo Suhendar mengatakan terdapat kenaikan jumlah penerima bansos pada tahap III sebanyak 600 ribu menjadi 1,9 juta kepala keluarga.

Berdasarkan penyaluran sebelumnya atau tahap III, jumlah penerima bansos Pemprov Jabar hanya ada sebanyak 1,3 juta kepala keluarga untuk seluruh warga kabupaten/kota.

"Sasaran penerima ada lonjakan luar biasa. Berdasarkan data yang ada, yang paling banyak penerima itu ada di wilayah Bodebek (Bogor, Depok, Bekasi) dan Bandung raya," kata Dodo dalam jumpa pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (6/11).

Dodo mengungkapkan bansos Pemprov Jabar tahap III mulai didistribusikan sejak 27 Oktober 2020. Targetnya, penyaluran selesai pada 14 November mendatang.

"Tahap III ini dimulai pada 27 Oktober yang lalu dan mudah-mudahan lancar sampai 14 November. Total kemarin sore capaian penyaluran sudah 48 persen," ucapnya.

Pada penyaluran tahap III ini, Dodo menjelaskan, terdapat perbedaan nilai uang tunai yang diberikan pada tahap sebelumnya. Kali ini, nilai yang diberikan sebesar Rp350 ribu dengan rincian Rp150 ribu uang tunai dan sisanya paket sembako.

"Besaran uang ini nantinya akan diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 55 tahun 2020 di mana pada tahap III beras 5 kg, gula satu kilogram, dan tidak ada terigu," bebernya. Selain itu, pada bansos tahap III juga ada perbedaan soal bungkus bantuan. Jika semula menggunakan kardus, kali ini akan diberikan dengan menggunakan tas kain.

Total penerima bansos Pemprov Jabar tahap III mencapai 1.907.274 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS). Sebanyak 45,1 persen penerima bansos ada di kawasan Bodebek dan Bandung raya.

Wilayah Bodebek meliputi Kota/Kab Bogor, Kota/Kab Bekasi, Kota Depok sebanyak 359.567 KRTS. Sementara, Bandung Raya meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat ada 499.046 KRTS.

Daerah paling banyak menerima bansos, yakni Kota Bandung 9,88 persen. Kemudian, Kabupaten Bandung (9,26 persen), Kabupaten Bogor (7,55 persen), Kabupaten Bandung Barat (6,32 persen).

Selanjutnya, Kabupaten Garut (5,65 persen). Sementara, daerah paling sedikit, yakni Kabupaten Pangandaran dengan jumlah 0,15 persen dari total KRTS Jabar.

Posting Komentar untuk "BANSOS JABAR DAMPAK COVID-19 TAHAP 3 BARU 48%"